''EMAA''BUDAYA SUKU MEE DI DEBEY
DEBEY ==> Pada tanggal 18 maret 2012, Suatu keistimewaan di daerah Debey tepatnya di Desa Yinudoba Kecamatan Tigi Barat Kabupaten Deiyai telah membangun Emaa, Emaa bukanlah berarti rumah yang sah ( rumah lelaki ) namun,melainkan sesuatu panggung atau rumah yang dapat bergoyang berkat gerak para penari di dalam rumah panggungnya, suatu disko ala papua dan para muda-mudi maupun orang-orang tua kita di papua lebih khusus di pegunungan atau meuwo.
Para masyarakat sangat senang bergoyang disini ( Emaida ) sekaligus ugaa merupakan suatu kesempatan baik untuk saling berkenalan dan berintegrasi antara kampung satu dengan kampung yang lain.agar selanjutnya hubungan mereka seutuh.
Adapun pesta-pesta yang sering kali mengadakan dikalangan masyarakat di pegunungan adalah : 

*. Pesta Adat Yuwo yaitu Pesta adat Acara Kaum Orang Kaya, pesta ini diadakan apabila setiap orang yang mau memamerkan kekayaan kepada orang lain ( seperti potong babi atau Ekina ). 
                                         
*. Pesta Adat Emaida Yaitu Pesta adat cari jodoh, Pesta ini diadakan kapan saja dan dimana saja sepertinya membangun di Debey ini                                                
*. Pesta Adat Yibu yaitu pesta adat dalam ikatan keluarga,kampung,desa seperti ulang tahun, anak lahir, orang meninggal, nikah., yang diadakan pada rumah adat atau di adakan di tempat rumah ( Emaida ) Sambil menyucapkan atau menyanyi Ugaa
terima kasih banyak (by A/M.T )

About Unknown

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Top