• Latest Stories

      What is new?

    • Comments

      What They says?


KNPB NABIRE TELAH MELAKUKAN AKSI DEMO DAMAI



Massa Aksi KNPB Nabire ( Foto Moyai Kedee )

Komite Nasional Papua Barat ( KNPB ) Wilayah Nabire telah di lakukan aksi demontrasi damai pada hari ini, Senin 13 Oktober 2014 di lapangan Taman bunga Pahlawan Oyehee di Nabire
Aksi tersebut sangat antusias dan berjalan lancar mulai dari jam 07.00 sampai 12.30.

Sebelumnya masyarakat  bangsa west Papua yang didiami di kota nabire berpusatkan  di tiga titik kumpul adalah Karang Barat depan pasar, Kalibobo depan Uswim dan Siriwini depan RSUD 

Massa aksi serentak berkumpul di depan taman bunga Pahlawan Oyehee untuk  menyampaikan aspirasi oleh sejumlah komponen yang telah bergabung dalam aksi KNPB.Namun Pihak keamanan ( TNI/POLRI ) menghalangi dan memaksakan massa aksi untuk masuk di taman oyehee supaya aspirasinya sampaikan di lapangan taman bunga Oyehee. Akan  tetapi menurut ketua KNPB wilayah Nabire Sadrak Kudiai merontak atas tindakan busuk  yang telah di lakukan oleh pihak keamanan. 

Ketua KNPB Wilayah Nabire Sadrak Kudiai juga menyampaikan  beberapa pemberitahuan kepada massa aksi mengangkut kelakuan yang telah dan sedang di lakukan oleh TNI/POLRI adalah Ini kelakukan busuk yang selalu Negara Indonesia membungkam melalui TNI/POLRI Katanya.

Lebih lanjut Kudiai memaparkan bahwa Konflik maupun pelanggaran HAM yang  terjadi di seluruh tanah Papua dari Amboina sampai merauke adalah murni kelakuan busuk TNI/POLRI yang selama ini terus berlanjut Oleh sebab itu kita harus melawan kolonialisme karena perjuangan Bangsa West Papua telah terdaftar di meja PBB  pada tanggal 12 maret 2011.paparnya.

Akhirnya massa aksi menyerah atas halangan yang telah di buat oleh TNI/POLRI sehingga massa aksi masuk di halaman taman bunga Pahlawan Oyehee untuk menyampaikan aspirasi mereka yang telah di gantungkan pada aksi tersebut. Orasi Politik bergantian pertama dari mahasiswa Uswim, Uncen, Akper, STT, Mewakili mahasiswa jawa bali mewakili suku Moni, Dani, Mee, Pesisir Pante, Toko Pemuda sampai dan akhirnya ditutup dengan Doa Penutup

Menurut Koordinator lapangan  Agus Tebei ; Ada dua tuntutan dari KNPB pada aksi demo damai kali ini adalah 
1. Bebaskan kedua wartawan asing asal Prancis, yaitu Thomas Dandois, Valentine Bourrat yang telah di tahan di Polda Papua di wamena pada tanggal 6 Agustus 2014. 

2. Pembatasan akses terhadap jurnalis internasional,pembatasan LSM Internasional dan Lembaga-lembaga pemerhati kemanusiaan termasuk  pelapor khusus PBB untuk menunjungi Papua barat terus di batasi oleh  Negara indonesia melalui TNI/POLRI tanpa alasan yang akurat. BY MOYAI KEDEE


Berikut Kronologisnya
 
Massa yang di Mediasi oleh KNPB Wilaya Nabire mulai bergerak di tiga titik yang sudah di tentukan Yakni Sriwini Depan RSUD dibawah korlap Yakop, dan Step Pigai. Kali Bobo, Depan Kampus Uswim dibawah Korlap Alex Pigai. Dan Depan Pasar Karang tumaritis dibawah korlap Agus Tebai dan Yafet Pigai pada jam 07;00 pagi Wpb.
TITIK KUMPUL SRIWINI
Titik kumpul yang sudah ditetapkan disiriwini di bawah Korlap Yakop dan Step di bubarkan keamanan negara indonesia pada jam 08;00 Wpb dan diambil alih tempat oleh keamanan negara indonesia, hingga massa dari sriwini lansung menuju titik akhir takni Taman Phalawan Bangsa Papua barat.
TITIK KUMPUL KALI BOBO
Titik kumpul yang ditetapkan di Kali Bobo depan Kampus Uswim dibawah Korlap Alex Pigai dihadang oleh Polisi menggunakan satu truk namun penanggung jawab Aksi Ketua KNPB Sadrak Kudiai yang sudah berada di tempat lansung negoasi dengan pihak keamana hingga situasi yang tadinya panas meredah. Setelah beberap selang waktu kemudian mewakili Kampus Uswis Yakni Dekan 3............?. bersama Pihak keamanan mendatangi massa aksi mahasiswa Uswim Yang dimediasi KNPB.
Kepolisian Nabire yang masuk dalam kampus Uswim dan memanggil dekan 3 Uswin lalu mendatangi massa aksi. Setibah di depan massa aksi kepolisian dan dekan 3 kampus uswim negosiasi dengan pihak penanggung jawab aksi yakni Ketua KNPB Sadrak Kudiai. Korlap Kali Bobo Alex Pigai bersama anggota KNPB Anipa Pigai, Jerry Tebai. Setelah negosiasi selesai Aksi damai Yang dimediasi oleh KNPB Berjalam lancar. Massa Aksi yang tergabung dalam KNPB mulai star dari Depan uswim jam 09;20 Wpb. Dalam perjalan massa aksi berjalan lancar tampa ada masalah dan di kawal polisi menggunakan 2 truk dari belakan massa aksi, dan satu mibil patroli didepan. Massa aksi yang Longmars dari kali bobo berjalan lancar dalam perjalanan hingga tiba depan tugu cendreasi pada jam 10;10 Wpb dan melakukan orasi-orasi depan tugu sambil tunggu massa aksi dari pasar karang tumaritis.
TITIK KUMPUL KARANG TUMARITIS
Massa aksi mulai berkumpul dipasar karang tumaritis pada jam 06;00 Wpb, Korlap Agus Tebai dan Yafet Keiya mulai tiba menggunakan mobil komanda dan dua buah bendera perlawanan KNPB pada jam 07;00 Wpb. Selang beberapa menit orasi berlansung, TNI 753 menggunakan Mobil patroli dengan alat negara lengkap memarkir mobil depan massa aksi. Setelah beberapa menit kemudian yakni pada jam 07;50 kepolisian menggunakan 2 truk tiba tampat aksi, namun berjalan seperti biasa tidak ada kotro versi. Pada jam 09;40 Wpb massa dari pasar karang mulai star longmars menuju titik akhir yakni taman Phalawan bangsa papua barat. Massa Aksi di kawal Polisi menggunakan 3 truk dan 1 mobil blakos penuh dengan Polisi dari belakang massa aksi. Dan 2 extrada penuh dengan densusu 88 di depan massa aksi. Tidak ada kekacauan, massa berjalan menggunakan garis komando dengan tertip hingga tiba di Tugu cedrewasi Pada jam 11;40 Wpb dan bergabung dengan massa aksi dari Kali Bobo.
Setelah tiba di depan Taman Phalawan Bangsa Papua Barat, Massa aksi lansung duduk di depan taman Phalawan dan beberapa orasi berlansung. Beberapa menit kemudian Kepolisian memaksa massa aksi masuk dalam Taman Phalawan bangsa papua barat.
Setelah paksaan kepolisian itu dilihat oleh Ketua KNPB, katua KNPB mengatakan “Kami tidak Masuk samping dalam Kami akan Menyampaikan Pendapat di arus jalan depan taman Phalawwan kami”, Namun kepolisian terus memaksa massa aksi untuk masuk ke dalam, dengan paksaan kepolisian yang menggunakan barat lengkap tersebut Korlap Agus Tebai Mengarakan Massa masuk dalam Taman Phalawan bangsa papua pada jam 11.00 Wpb
Orasi demi orasi politik berlangsung, di bawah terik mentari, dam alam yang manjadi saksi bisu.
Aksi berjalan lancar walaupun ada pengawalan ketat dari pihak keamana kolonial indonesia, aksi berjalan lancar dan bubar Pada jam 02;00 Wpb.

About Unknown

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Top