Senin, 14 April 2014

BRIMOB DI USIR DARI KABUPATEN DEIYAI

Deiyai,  MoyaiNews --  Warga Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua secara serentak meminta Brigade Mobil (Brimob) meninggalkan Deiyai.  Saat Brimob yang  bertugas  di PT Dewa,  PT DMT, Kantor Keuangan setempat  Jumat, (27/06/13) lalu,.

Warga Kab Deiyai Usir Brimob
Mereka pergi ke Enarotali, Kabupaten Paniai menggunakan 3 truk.  Mereka dikawal oleh 2 truk masyarakat,  Danramil, Kapolsek dan Bupati Karateker Basilius Badii, B.A  serta  sejumlah tokoh setempat.  Hal tersebut di sampai oleh Aktivis Ham yang tidak mau mengakui namanya, mengatakan, Brimob sudah diantar sampai ke Enarotali.

"Kami tidak tahu, apakah dari Enarotali mereka dipulangkan ke markas mereka atau tidak? Bagi warga Deiyai, yang penting Brimob tidak perlu ada di Deiyai," tuturnya.

Sebelumnya warga masih terus tawar-menawar dengan Bupati Karateker Deiyai. Warga memintah  kepada  Bupati  karakteker untuk memberikan waktu kepada warga  agar  baku berkelai dengan Brimob. Namun, Bupati Karateker Deiyai berhasil membujuk warga untuk tenang. Semua warga diarahkan ke Polres untuk membicarakan baik hal terseebut.

"Brimob sering pukul warga. Juga, mereka selalu berupaya menggunakan brimob maupun TNI/POLRI putra daerah untuk kami sendiri baku pukul. Jadi, kami mau Brimob tinggalkan Deiyai,"pinta warga saat pertemuan itu. Warga terus menuntut Brimob harus tinggalkan Deiyai detik ini juga; Desak warga Deiyai

Pemerintah setempat tidak mempu meredam permintaan. Warga  terus meminta Brimob harus meninggalkan Deiyai. Akhirnya, kesepakatan diambil. Mereka membuat pernyataan untuk 'cabut' Brimob dari Deiyai. Kesepakatan ditandatangani wakil masyarakat, pihak kepolisian setempat dan pemerintah,  dan Danramil. Mereka sepakat Brimob harus pergi dari Deiyai dan  tidak menambah Brimob.

Usai penandatangan perjanjian tersebut, Brimob yang bertugas di Deiyai pergi ke Enarotali, Kabupaten Paniai menggunakan 3 truk Brimob.  Mereka dikawal oleh 2 truk masyarakat,  Danramil, dan Kapolsek dan Bupati Karateker  serta  sejumlah tokoh setempat;  Moyai Kedee.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar