• Latest Stories

      What is new?

    • Comments

      What They says?


Perayaan Natal, Seminar dan Tahun Baru, IPMANAPANDODE Se-Jawa- Bali


Foto Saat Ibadah Natal Seminar dan Tahun Baru, IPMANAPANDODE Se-jawa dan Bali  Di Surabaya
Surabaya - Perayaan Natal, seminar dan Tahun baru “Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Nabire, Paniai, Dogiyai, Deiyai (IPMANAPANDODE) se-Jawa dan Bali. Pada  tahun 2015/2016, telah berlangsung  merayakan di Jl, Pandaan Trawas. “ Graha Duta Kasih”. Acara ini berlangsung  pada tanggal 27 Desember 2015 hingga 01 Januari 2016.

Ketua panitia pelaksana, Kadepa, menjelaskan dalam  sambutannya  bahwa penyelenggaraan acara Ibadah Natal, seminar  dan Tahun ini bertujuan untuk membangun tali persaudaraan serta meningkatkan  semangat dan cinta kasih sesama pelajar dan mahasiswa/I  asal Nabire,Paniai,  Dogiyai dan Deiyai yang sedang menempuh  pendidikan di pulau Jawa dan Bali.

Dalam perayaan Natal seminar dan Tahun baru IPMANAPANDODE Se-Jawa dan Bali ini, mereka mengangkat , Thema: “Kamu Akan Mengetahui Kebenaran dan Kebenaran Itu Akan Memerdekakan Kamu ” Yoh. 8 : 23 - 28 .
Sub thema: Dengan kelahiran Yesus yang di dalamnya ada hidup dan terang ALLAH.  Mari kita mempersiapkan diri untuk membangun tanah Papua.

Dalam Penyelenggaraan Ibadah natal, dan penyambutan tahun baru, juga mengadakan seminar. Untuk Pemateri  pertama adalah: dr. Mia Maria Giyai,  Seminar tentang “ Pentingnya Pemberantasan HIV AIDS di Meuwodide dan Umumnya seluruh Papua’’.  Maksud dan tujuan dari pada Materi ini karena Pemateri  melihat situasi yang meningkat akan virus HIV AIDS di daerah.

Pemateri Kedua adalah: Titus Pekei, SH. M.Si. juga penggagas Noken Papua. Seminar tentang;  “Pentingnya Noken “AGIYA” Bagi Suku Mee: Masyarakat Asli Papua “MAP” Jiwai keadaban Budaya Noken Tas Papua”.  Dalam Seminar ini juga penggagas Noken Papua Titus Pekei memberi kan  gelar  Prof. Noken kepada para peserta seminar karena Noken adalah mengandung arti yang luas bagi MAP.
Pemateri ketiga; Longginus Pekei, juga adalah guru SMA Adhi Luhur. Seminar tentang; Pentingnya Pendidikan Berkarakter  kita. Tujuannya karena kebanyakan materi tanpa praktek sehingga perluhnya praktek  seperti kajian- kajian ilmiah dan sejenisnya, Melandaskan karakter bagi anak-anak Papua khususnya Meeyoka.

Sementara itu, pantauan media ini terlihat para pimpinan Aliansi Mahasiswa Papua “AMP “ Mengisi kekosongan jadwal untuk diskusi bebas. Dengan Topk;  “ Landasan Pemikiran Manusia Mee Demi Pembebasan Papua”. Para pimpinan diskusi bebas meminta kepada seluruh  peserta untuk berargument dan ide dari berbagai  perspektif  baik itu Ekonomi, Politik, Budaya atau kebiasaan manusia Mee untuk solusi menuju pembebasan Papua.

Selain seminar, beberapa kegiataan yang berlangsung seperti pertandingan sepak bola antar kota studi), Bola Volly  putra/i , serta beberapa acara selingan, seperti Pentas Budaya, Pentas Band, serta seni. Tujuan utama dari penyelenggaraan kegiataan ini adalah untuk meningkatkan kebersamaan, kekompakan, kekeluargaan serta melestarikan dan mempertahankan Budaya Mee antar setiap IPMANAPANDODE  se-Jawa dan Bali.

Pengujung  acara kegiatan Perayaan Natal Seminar dan Tahun Baru, berlangsung evaluasi semua kegiatan yang telah usai berlangsung. Ketua Panitia pelaksana; Kadepa,  Jhon Ukago sebagai mewakili senioritas dan Ketua IPMANAPANDODE Surabaya, Frans Madai, menempati dan  memanduh  acara  untuk  EVALUASI. 

Mereka memintah masing-masing kota studi maju perwakilan untuk menyampaikan masukan, Kritikan maupun pendapat mereka tentang Natal Seminar dan Tahun itu sendiri. Setelah itu melanjutkan pemberian piala bagi kota study yang berprestasi membawa juara dari semua perlombahan kegiatan, juga  melanjutkan  dengan penentuan kota studi untuk Natal tahun 2016/2017. 

kebiasaan menentukan kota studi  untuk Natal bersama IPMANAPANDODE Se-jawa- bali adalah per/wilayah sehingga tahun 2013/14 lalu di laksanakan di wilayah barat tepatnya  di kota study  Bandung.  Tahun 2014/15 kemarin  di laksanakan di wilayah jawa tengah  tepatnya  di kota study  Semarang. Tahun  2015/16 ini  di laksanakan di wilayah jawa timur  tepatnya  di kota study  Surabaya. 
Kemudian, Kembali lagi kejawa barat dan jatuh tepat di kota study Jakarta untuk tahun 2016/2017 mendatang.

Diakhiri dengan doa penutup, Ramah tama serta salam- salaman bagi seluruh peserta dari setiap kota studi.

Mateus A Tekege

About Unknown

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Top